Langsung ke konten utama

GUI (GRAPHICAL USER INTERFACE) (MODUL_10)

GUI
Graphical User Interface, memungkinkan user untuk berinterksi dengan komputer secara lebih baik. Pengguna berinteraksi dengan berbagai elemen grafis, diantaranya : button, dialog box, menu, dsb. Sejak 1994 Sun Microsystem berupaya untuk membuat JAVA memiliki perangkat bergaya desktop dengan ToolkitJava yang dikenal sebagai AWT (Abstract Windowing Toolkit) Tahun 1997, muncul JFC (Java Foundation Class) untuk kepentingan pembuatan aplikasi window yang merupakan pengembangan dari AWT. JFC mempunyai kode swing yang terdapat pada package yang disediakan pada JAVA SDK versi 1.2 keatas (JAVA 2).

Java menyediakan dua graphical library
- AWT (Abstract Windows Toolkit)
- Swing
Contoh :
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

Graphical Object

- Container (tempat), obyek yang dapat menampung komponen grafis dan tempat yang lebih kecil.
Contoh : frames, panels
- Component, obyek grafis yang berfungsi untuk menampilkan data, menerima masukan, atau menunjukan suatu kondisi,
Contoh : buttons, labels, text fields
- Event, obyek yang mempresentasikan suatu kejadian.
Contoh : gerakan mouse, penekanan tombol
- Listener, suatu obyek yang menunggu suatu kejadian khusus dan akan beraksi (melakukan sesuatu) jika kejadian tersebut terjadi.

JOptionPane merupakan class yang digunakan sebagai standar dialog box untuk antarmuka pengguna grafis (GUI) untuk memfasilitasi entri data dan output data, memberikan informasi kepada pengguna aplikasi. Sebenarnya JOptionPane memiliki banyak method, dan kebanyakan method tersebut static method. Berikut ini 4 method dari JOptionPane yang sering digunakan.

  • showConfirmDialog
  • showInputDialog
  • showMessageDialog
  • showOptionDialog

JOptionPane Konstruktor

  1. JOptionPane () Menciptakan JOptionPane dengan pesan text.
  2. JOptionPane (pesan object) Membuat contoh JOptionPane untuk menampilkan pesan menggunakan jenis pesan polos-pesan dan pilihan default disampaikan oleh UI.
  3. JOptionPane (Object pesan, int messageType) Menciptakan sebuah instance dari JOptionPane untuk menampilkan pesan dengan jenis pesan tertentu dan pilihan default.
  4. JOptionPane (Object pesan, int messageType, int optionType) Menciptakan sebuah instance dari JOptionPane untuk menampilkan pesan dengan jenis pesan tertentu dan pilihan.
  5. JOptionPane (Object pesan, int messageType, int optionType, Icon icon) Menciptakan sebuah instance dari JOptionPane untuk menampilkan pesan dengan jenis tertentu pesan, pilihan, dan ikon.
  6. JOptionPane (Object pesan, int messageType, int optionType, Icon ikon, Object [] opsi) Menciptakan sebuah instance dari JOptionPane untuk menampilkan pesan dengan jenis tertentu pesan, ikon, dan pilihan.
  7. JOptionPane (Object pesan, int messageType, int optionType, Icon ikon, Object [] pilihan, Obyek InitialValue)Menciptakan sebuah instance dari JOptionPane untuk menampilkan pesan dengan jenis tertentu pesan, ikon, dan pilihan, dengan pilihan awalnya yang dipilih ditentukan.

II. PRAKTIKUM

JFrame sebagai Class Utama

 Untuk membuat sebuah windows (atau disebut juga dengan frame) dapat dilakukan dengan 2 cara.

Yang pertama adalah dengan membuat objek dari class JFrame.

Praktikum1

1. Buatlah project baru di Netbeans dengan nama Modul9PBO
2. Buat file empty java file baru
3. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file Praktikum1.java


4. Run File Praktikum1.java, maka hasilnya adalah sebagai berikut :


Yang kedua adalah dengan membuat sebuah class yang merupakan subclass (class turunan) dari class JFrame lalu membuat instansi (objek) dari subclass tersebut.

Praktikum2

1. Buat file empty java file baru
2. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file Praktikum2.java


3. Run File Praktikum2.java, maka hasilnya adalah sebagai berikut :

Praktikum3

1. Buat file empty java file baru
2. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file Praktikum3.java


3. Run File Praktikum3.java, maka hasilnya adalah sebagai berikut :

Praktikum4

1. Buat file empty java file baru
2. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file Praktikum4.java


3. Run File Praktikum4.java, maka hasilnya adalah sebagai berikut :



Sekian yang dapat saya sampaikan, Terimakasih :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTERFACE (MODUL_8)

Deklarasi Interface Interface namaInterface { .......... //deklarasi konstanta dan method .......... } Berikut ini adalah contoh membuat interface Speedometer : public interface Speedometer { public void tambahKecepatan(); public void kurangiKecepatan(); } Implementasi Interface II. PRAKTIKUM Praktikum1 1. Buat file empty java file baru 2. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file  Speedometer.java 3. Jalankan file  Speedometer.java  tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut : Praktikum2 1. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file  Pesan.java 2. Buat file empty java file baru 3. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file  MainPesan.java 3. Jalankan file  MainPesan.java  tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut : Interface  adalah sekumpulan konstanta dan atau deklarasi method tanpa menyertakan/menuliskan body methodnya. Inte...