PENGENALAN OBJEK DAN CLASS
Objek
Kesatuan entitas (benda), baik yang berwujud nyata ataupun hanya suatu system/konsep yang memiliki sifat, karakteristik dan fungsi.Class
Class merupakan cetak biru (blue print) dari objek atau dengan kata lain sebuah class menggambarkan ciri-ciri objek secara umum.Atribut
Atribut merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Atributes mempresentasikan karakteristik dari suatu object.Method
Apa saja yang membuat dilakukan/dialami oleh suatu objek. Jika bersifat static berarti dilakukan oleh semua objek dalam kelas tersebut.This
This digunakan untuk membedakan variabel yang dideklarasikan pada parameter didalam method dengan variabel yang dideklarasikan pada class.Access Modifier
Yang dimaksud dengan access modifier adalah pengaturan hak akses class maupun method. Ada akses yang tersedia, yaitu default, public, protected, private.Instance of Class
Objek yang di instan atau dibuat dari class.Input Data
Dalam pemrograman java, untuk menginputkan data dari keyboard ada 2 cara, yaitu :1. Input dari metode console, yaitu dengan memanfaatkan class BufferedReader dan InputSteamReader.
Untuk bisa mengakses class BufferedReader maka perlu menginpor dari package java.io.* dan menambahkan statement throws IOException pada header method main.
2. Inputan dengan memanfaatkan class JOptionPane.
Untuk bisa menggunakan class JoptionPane, maka perlu mengimpor dara package javax.swing.* dan gunakan method showInputDialog() yang terdapat pada class JOptionPane.
Java Documentation
Merupakan dokumentasi dari kelas-kelas yang sudah disediakan oleh java yang berupa API (Application Programming Interface), dan siap untuk digunakan.Praktikum
Praktikum 1
1. Ketikkan Source Code berikut ini pada file Praktikum1.java
9. Jalankan source kode diatas
Praktikum 2
1. Ketikkan kode program berikut :
3. Jalankan program tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :
Praktikum 3
Membuat objek pada sebuah class1. Buatlah file empty java file java pada project tersebut dengan nama Balok.java
2. Ketikkan kode program berikut :
3. Kemudian jalankan file VolumeBalok.java tersebut, maka hasilnya sebagai berikut :
Latihan / Post Test
Buatlah program penerapan class, object, atribut, method seperti praktikum 3 dengan class/objek yang lain.Source Code nya adalah sebagai berikut :
kemudian buat Class VolumeKubus.java berisi tentang keselurahan program yang akan menghitung volume kubus.
Source Code nya sebagai berikut :
Kemudian jalankan file tersebut, maka hasilnya sebagai berikut :
4. Modifikasi Praktikum 3, sehingga nilai balok untuk panjang, lebar, dan tinggi diinputkan seperti praktikum 1
Source code nya adalah sebagai berikut :
Kemudian jalankan file tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :
Kita inputkan Panjang : 5, Lebar : 6, Tinggi : 7, maka volume balok dari program tersebut adalah 210 cm3
Tugas Individu
2. Buatlah Program Praktikum 3 dengan inputan data menggunakan JOptionPaneSource code nya adalah sebagai berikut :
Kemudia masukan kembali kelas balok.java untuk menjalankan program tersebut
terakhir jalankan file TugasIndividu.java tersebut, maka hasilnya sebagai berikut :
Sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih.
Komentar
Posting Komentar