Langsung ke konten utama

PENGENALAN OBJEK DAN CLAS (MODUL_2)

PENGENALAN OBJEK DAN CLASS

Objek

Kesatuan entitas (benda), baik yang berwujud nyata ataupun hanya suatu system/konsep yang memiliki sifat, karakteristik dan fungsi.

Class

Class merupakan cetak biru (blue print) dari objek atau dengan kata lain sebuah class menggambarkan ciri-ciri objek secara umum.

Atribut

Atribut merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Atributes mempresentasikan karakteristik dari suatu object.

Method

Apa saja yang membuat dilakukan/dialami oleh suatu objek. Jika bersifat static berarti dilakukan oleh semua objek dalam kelas tersebut.

This

This digunakan untuk membedakan variabel yang dideklarasikan pada parameter didalam method dengan variabel yang dideklarasikan pada class.

Access Modifier

Yang dimaksud dengan access modifier adalah pengaturan hak akses class maupun method. Ada akses yang tersedia, yaitu default, public, protected, private.

Instance of Class

Objek yang di instan atau dibuat dari class.

Input Data

Dalam pemrograman java, untuk menginputkan data dari keyboard ada 2 cara, yaitu :
1. Input dari metode console, yaitu dengan memanfaatkan class BufferedReader dan InputSteamReader.
Untuk bisa mengakses class BufferedReader maka perlu menginpor dari package java.io.* dan menambahkan statement throws IOException pada header method main.
2. Inputan dengan memanfaatkan class JOptionPane.
Untuk bisa menggunakan class JoptionPane, maka perlu mengimpor dara package javax.swing.* dan gunakan method showInputDialog() yang terdapat pada class JOptionPane.

Java Documentation

Merupakan dokumentasi dari kelas-kelas yang sudah disediakan oleh java yang berupa API (Application Programming Interface), dan siap untuk digunakan.

Praktikum

Praktikum 1


1. Ketikkan Source Code berikut ini pada file Praktikum1.java



9. Jalankan source kode diatas

Praktikum 2


1. Ketikkan kode program berikut :


3. Jalankan program tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :

Praktikum 3

Membuat objek pada sebuah class

1. Buatlah file empty java file java pada project tersebut dengan nama Balok.java
2. Ketikkan kode program berikut :




3. Kemudian jalankan file VolumeBalok.java tersebut, maka hasilnya sebagai berikut :

Latihan / Post Test

Buatlah program penerapan class, object, atribut, method seperti praktikum 3 dengan class/objek yang lain.

Source Code nya adalah sebagai berikut :


kemudian buat Class VolumeKubus.java berisi tentang keselurahan program yang akan menghitung volume kubus.
Source Code nya sebagai berikut :


Kemudian jalankan file tersebut, maka hasilnya sebagai berikut :



4. Modifikasi Praktikum 3, sehingga nilai balok untuk panjang, lebar, dan tinggi diinputkan seperti praktikum 1

Source code nya adalah sebagai berikut :




Kemudian jalankan file tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :



Kita inputkan Panjang : 5, Lebar : 6, Tinggi : 7, maka volume balok dari program tersebut adalah 210 cm3


Tugas Individu

2. Buatlah Program Praktikum 3 dengan inputan data menggunakan JOptionPane

Source code nya adalah sebagai berikut :


Kemudia masukan kembali kelas balok.java untuk menjalankan program tersebut 




terakhir jalankan file TugasIndividu.java tersebut, maka hasilnya sebagai berikut :



Sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTERFACE (MODUL_8)

Deklarasi Interface Interface namaInterface { .......... //deklarasi konstanta dan method .......... } Berikut ini adalah contoh membuat interface Speedometer : public interface Speedometer { public void tambahKecepatan(); public void kurangiKecepatan(); } Implementasi Interface II. PRAKTIKUM Praktikum1 1. Buat file empty java file baru 2. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file  Speedometer.java 3. Jalankan file  Speedometer.java  tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut : Praktikum2 1. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file  Pesan.java 2. Buat file empty java file baru 3. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file  MainPesan.java 3. Jalankan file  MainPesan.java  tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut : Interface  adalah sekumpulan konstanta dan atau deklarasi method tanpa menyertakan/menuliskan body methodnya. Inte...