Langsung ke konten utama

PENGENALAN DAN PENGERTIAN OOP PADA JAVA (MODUL_1)

I. LANDASAN TEORI

Pengertian dan Pengenalan OOP pada JAVA

OOP (Object Oriented Programming) atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan pemrograman berorientasikan objek (PBO) merupakan sebuah paradigma atau teknik pemrograman yang berorientesikan Objek.
Pada OOP, Fungsi dan variabel dibungkus dalam sebuah objek atau class yang dapat saling brinteraksi, sehingga membentuk sebuah program.


Variabel dalam objek akan menyimpan data dari objek. Sedangkan fungsi akan menentukan operasinya.

Java menggunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.


Praktikum 1


1. etikkan Source Code berikut ini pada file Praktikum1.java


2. Jalankan programnya maka akan didapatkan hasil sebagai berikut :


Praktikum 2

1. Ketikkan kode program berikut :


2. Jalankan program tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :


POST TEST

1. Buatlah file java baru pada file project diatas, yang menampilkan Biodata diri (NIM, Nama, Kelas, Prodi, Alamat, Email, No Hp)

Ketikan source kode berikut ini :


Hasilnya sebagai berikut :


2. Buatlah program Praktikum2, sehingga menampilkan hasil program sebagai berikut :


Untuk mendapatkan hasil seperti diatas, maka buatlah Source Code seperti berikut :


TUGAS INDIVIDU

1. Buatlah program untuk menghitung volume, luas, dan keliling balok

Berikut ini adalah source code nya :



Maka akan didapatkan hasil sebagai berikut :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTERFACE (MODUL_8)

Deklarasi Interface Interface namaInterface { .......... //deklarasi konstanta dan method .......... } Berikut ini adalah contoh membuat interface Speedometer : public interface Speedometer { public void tambahKecepatan(); public void kurangiKecepatan(); } Implementasi Interface II. PRAKTIKUM Praktikum1 1. Buat file empty java file baru 2. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file  Speedometer.java 3. Jalankan file  Speedometer.java  tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut : Praktikum2 1. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file  Pesan.java 2. Buat file empty java file baru 3. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file  MainPesan.java 3. Jalankan file  MainPesan.java  tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut : Interface  adalah sekumpulan konstanta dan atau deklarasi method tanpa menyertakan/menuliskan body methodnya. Inte...