Langsung ke konten utama

OOP LANJUTAN (MODUL_3)

1. Definisi Objek

Setiap Object (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut variabel (untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan juga terdiri dari sekumpulan method (menjabarkan tingkah laku dari obyek). Objek merupakan sebuah instance dari class. Jika class secara umum mempresentasikan templete sebuah objek, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.
Cara penggunaan objek : menggunakan perintah new

Method adalah suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek atau dapat dikatakan method adalah perilaku dari objek.

Method memiliki 4 (empat) bagian dasar, antara lain :
1. Nama method
2. Tipe objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode
3. Daftar parameter
4. Badan atau isi method

Construktor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi objek dan masing-masing class pasti memiliki minimal satu constuktor. Perbedaan method biasa dengan constuktor adalah nama method. Construktor memiliki nama method sama persis dengan nama classnya, tidak bertipe dan tidak memiliki nilai kembalian. Pemanggilan construktor dapat dilakukan dengan refrensi this().

2. Method Accessor dan Method Mutator

Method Accessor merupakan method yang digunakan untuk mengambil nilai variabel pada suatu class. Method Accessor disebut juga dengan getter. Sedangkan Method Mutator merupakan method yang digunakan untuk memberikan nilai pada variabel. Method Mutator disebut juga dengan setter. Kedua metode tersebut menggunakan access modifier public. Variabel yang digunakan untuk getter dan setter mengunakan access modifier private.

3. Overloading Method

Overloading Method adalah terdapat method yang sama pada satu class namun berbeda parameter.


Praktikum

Praktikum1

1. Buatlah project baru di Netbeans dengan nama Modul3PBO
2. Buatkan file empty java file baru
3. Ketikkan source code berikut ini dan simpan dengan nama file DataDiri.java


4. Jalankan file DataDiri.java tersebut

Praktikum2

Penggunaan Method Setter dan Getter

1. Buat file empty java file baru
2. Ketikkan source code berikut ini dan simpan dengan nama file Balok.java


3. Jalankan file Balok.java tersebut, kemudian hasilnya adalah sebagai berikut :


Praktikum3

1. Buat file empty java file baru
2. Ketikkan source code berikut ini dan simpan dengan nama file Manusia.java


3. Buat file empty java file baru
4. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file Jaka.java


5. Jalankan file Jaka.java tersebut, kemudian hasilnya adalah sebagai berikut :


Praktikum4

1. Buat file empty java file baru
2.  Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file SPP.java


3. Buat file empty java file baru
4. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file BayarSPP.java


5. Jalankan file BayarSPP.java tersebut, kemudian hasilnya adalah sebagai berikut :


Praktikum5

1. Buatlah file empty java file java pada project tersebut dengan nama Mobil.java
2. Ketikan source code berikut :


3. Buatlah file empty java file java pada project tersebut dengan nama Utama.java
4. Ketikan kode program berikut :


5. Jalankan file Utama.java tersebut,  kemudian hasilnya adalah sebagai berikut :


Post Test

Buatlah program penerapan class, object, atribut, method seperti praktikum 3 dengan class/objek yang lain


Source Code nya adalah sebagai berikut :


Kedua, kita buat class baru dengan nama CaraMusik.java

Class CaraMusik.java berisi tentang Method pada class Musik.java

Source Codenya adalah sebagai berikut :


Kemudian kita jalankan file class CaraMusik.java tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :

sekian yang dapat saya sampaikan, Terimakasih :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTERFACE (MODUL_8)

Deklarasi Interface Interface namaInterface { .......... //deklarasi konstanta dan method .......... } Berikut ini adalah contoh membuat interface Speedometer : public interface Speedometer { public void tambahKecepatan(); public void kurangiKecepatan(); } Implementasi Interface II. PRAKTIKUM Praktikum1 1. Buat file empty java file baru 2. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file  Speedometer.java 3. Jalankan file  Speedometer.java  tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut : Praktikum2 1. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file  Pesan.java 2. Buat file empty java file baru 3. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file  MainPesan.java 3. Jalankan file  MainPesan.java  tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut : Interface  adalah sekumpulan konstanta dan atau deklarasi method tanpa menyertakan/menuliskan body methodnya. Inte...