1. Definisi Objek
Setiap Object (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut variabel (untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan juga terdiri dari sekumpulan method (menjabarkan tingkah laku dari obyek). Objek merupakan sebuah instance dari class. Jika class secara umum mempresentasikan templete sebuah objek, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.Cara penggunaan objek : menggunakan perintah new
Method adalah suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek atau dapat dikatakan method adalah perilaku dari objek.
Method memiliki 4 (empat) bagian dasar, antara lain :
1. Nama method
2. Tipe objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode
3. Daftar parameter
4. Badan atau isi method
Construktor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi objek dan masing-masing class pasti memiliki minimal satu constuktor. Perbedaan method biasa dengan constuktor adalah nama method. Construktor memiliki nama method sama persis dengan nama classnya, tidak bertipe dan tidak memiliki nilai kembalian. Pemanggilan construktor dapat dilakukan dengan refrensi this().
2. Method Accessor dan Method Mutator
Method Accessor merupakan method yang digunakan untuk mengambil nilai variabel pada suatu class. Method Accessor disebut juga dengan getter. Sedangkan Method Mutator merupakan method yang digunakan untuk memberikan nilai pada variabel. Method Mutator disebut juga dengan setter. Kedua metode tersebut menggunakan access modifier public. Variabel yang digunakan untuk getter dan setter mengunakan access modifier private.3. Overloading Method
Overloading Method adalah terdapat method yang sama pada satu class namun berbeda parameter.Praktikum
Praktikum1
1. Buatlah project baru di Netbeans dengan nama Modul3PBO2. Buatkan file empty java file baru
3. Ketikkan source code berikut ini dan simpan dengan nama file DataDiri.java
4. Jalankan file DataDiri.java tersebut
Praktikum2
Penggunaan Method Setter dan Getter1. Buat file empty java file baru
2. Ketikkan source code berikut ini dan simpan dengan nama file Balok.java
3. Jalankan file Balok.java tersebut, kemudian hasilnya adalah sebagai berikut :
Praktikum3
1. Buat file empty java file baru2. Ketikkan source code berikut ini dan simpan dengan nama file Manusia.java
3. Buat file empty java file baru
4. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file Jaka.java
5. Jalankan file Jaka.java tersebut, kemudian hasilnya adalah sebagai berikut :
Praktikum4
1. Buat file empty java file baru2. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file SPP.java
3. Buat file empty java file baru
4. Ketikan source code berikut ini dan simpan dengan nama file BayarSPP.java
5. Jalankan file BayarSPP.java tersebut, kemudian hasilnya adalah sebagai berikut :
Praktikum5
1. Buatlah file empty java file java pada project tersebut dengan nama Mobil.java2. Ketikan source code berikut :
3. Buatlah file empty java file java pada project tersebut dengan nama Utama.java
4. Ketikan kode program berikut :
5. Jalankan file Utama.java tersebut, kemudian hasilnya adalah sebagai berikut :
Post Test
Buatlah program penerapan class, object, atribut, method seperti praktikum 3 dengan class/objek yang lainSource Code nya adalah sebagai berikut :
Kedua, kita buat class baru dengan nama CaraMusik.java
Class CaraMusik.java berisi tentang Method pada class Musik.java
Source Codenya adalah sebagai berikut :
Kemudian kita jalankan file class CaraMusik.java tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut :
sekian yang dapat saya sampaikan, Terimakasih :)
Komentar
Posting Komentar